6 Tips Mudah Dan Cepat Memilih Kontraktor Bangunan Yang Tepat

Untuk memudahkan proses pembangunan seperti gedung, rumah, hotel atau lainnya, biasanya orang akan menggunakan jasa kontraktor bangunan . Ada banyak kelebihan ketika anda memakai jasa kontraktor diantaranya rencana anggaran biaya pembangunan yang dapat diperkirakan sejak awal, pembangunan tepat waktu dan juga dapat membuat sebuah bangunan yang kokoh, sesuai desain dan berkualitas. Hanya saja, terkadang memilih kontraktor bangunan tidaklah mudah, terlebih jika baru pertama kali. Namun begitu, anda dapat mengupayakan agar bisa menemukan kontraktor yang bagus dan berkualitas dengan menerapkan beberapa tips berikut ini.

1.      Pilih Dengan Teliti Kontraktor

Saat anda pertama kali mencari kontraktor bangunan dan menemukannya, cobalah pelajari terlebih dahulu mengenai kontraktor tersebut. Jangan langsung terburu-buru menggunakan jasa konraktor jika belum mengetahui pasti bagaimana kualitas kerjanya. Apabila memungkinkan, cari beberapa kontraktor sebelum tekan kontrak, lakukan survey dari beberapa kontraktor ini untuk menemukan kontraktor bangunan mana yang paling cocok dan bagus untuk anda gunakan jasanya. Semakin banyak anda mendapatkan informasi tentang kontraktor, maka akan semakin baik bagi anda. Jika sudah menemukan yang cocok, anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

2.      Berdasarkan Rekomendasi

Sebagian orang ada yang memilih untuk menggunakan jasa kontraktor bangunan berdasarkan rekomendasi. Hal ini cukup bagus jika anda terapkan, terlebih jika yang merekomendasikan adalah orang yang ahli, berpengalaman dan terpercaya. Pastinya, dengan begitu anda tidak perlu susah-susah melakukan survey terhadap kontraktor.

3.      Pelajari Track Record

Untuk memastikan bahawa pilihan anda tepat, tidak ada salahnya untuk mempelajari track record kontraktor bangunan yang akan dipilih. Biasanya, kontraktor bangunan yang sudah lama berdiri serta banyak pengalamannya, mampu memberikan hasil yang bagus. Selain itu, usahakan memilih kontraktor yang minim masalah.

4.      Diskusikan Hal-hal Penting Dengan Kontraktor

Jika sudah sepakat akan melakukan kerjasama dengan salah satu kontraktor, lakukan diskusi mengenai bangunan yang akan dikerjakan. Beberapa hal penting yang perlu anda bicarakan seperti biaya, tenggat waktu pembangunan, desain serta rencana anggaran biaya. Selain itu, anda juga perlu melakukan konsultasi kepada pihak konsultan pajak  karena biasanya akan ada pajak yang dikenakan untuk setiap pembangunan terlebih jika bangunan skala besar.

5.      Jaminan Garansi

Kontraktor yang berkualitas dan mampu memenuhi permintaan klien akan berani memberikan jaminan garansi. Anda bisa menanyakan hal ini kepada kontraktor yang dipilih, tanyakan apakah ada jaminan garansi yang ia berikan atau tidak. Ini sangat penting untuk menjamin kualitas bangunan nantinya, anda tentu tidak ingin jika sudah bayar mahal namun ternyata kualitas bangunan yang ada tidak memuaskan, misalnya saja dinding yang retak, atap bocor, pekerjaan lantai yang tidak rapi dan lainnya. Untuk mencegah berbagai kemungkinan masalah terjadi, pastikan bahwa anda memilih kontraktor yang mempu memberikan jaminan garansi.

6.      Pahami Isi Kesepakatan

Jika kesepakatan kerja telah dicapai, biasanya ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi oleh kedua belah pihak. Pelajari setiap syarat dan ketentuan yang berlaku. Buatlah Surat Perjanjian Kerja (SPK) yang jelas, detail dan lengkap untuk mencegah masalah dan kecurangan yang terjadi. SPK ini nantinya akan ditandatangi kedua belah pihak, dimana harus ada meterai sebagai pengesahan. Buatlah SPK minimal 2 rangkap untuk dapat dimiliki masing-masing pihak. Jika terdapat perihal yang belum mencapai kesepakatan, tunda terlebih dahulu pengesahan sampai semuanya benar-benar clear.

Bagaimana, dengan membaca beberapa tips di atas, apakah sudah lebih mudah dalam menentukan kontraktor mana yang tepat? Jangan ragu membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat untuk orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *